Pengertian Kabel Utp Dan Stp Beserta Perbedaannya

Dalam jaringan niscaya membutuhkan kabel yang harus dipakai sebagai penghubung antar komputer 1 dengan komputer lain atau dari komputer ke switch. Karena kabel ini merupakan arus listrik yang di bungkus oleh plastik yang dipakai untuk membantu daya yang kosong, dan listrik yang terdapat pada kabel tersebut maka sangat berbahaya jikalau kabel itu ditempelkan pada badan kita.

Kabel ini memakai tembaga sebagai penghantar arus listrik ? alasannya tembaga merupakan salah satu kawat yang baik untuk menghantarkan daya arus listrik.

Pada artikel ini aku akan menjelaskan pengertian kabel UTP dan STP beserta perbedaan dalam sistem jaringan komputer.



Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) istilah dari Unshield yang berarti kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung alumunium dan pastinya tidak tahan usang dengan interferensi elektromagnetik.


Kabel UTP ini dilengkapi 8 kabel dengan 5 warna yang berbeda-beda pada setiap warna kabel tersebut di liliti kabel berwarna putih sehinggan kabel akan berkombinasi warrnanya.Fungsi dari kabel putih itu mengurangi induksi serta kebocoran yang terjadi pada kabel. Yang perlu kita ketahui bahwa di setiap kabel yang berwarna itu berbeda-beda fungsinya. Berikut ini fungsi yang terdapat pada warna kabel UTP tersebut :

Orange =  warna orenge ini berfungsi sebagai penghantar paket data.
Putih - Orange= Fungsinya sebagai penghantar paket data.
Hijau = Kabel yang berwarna hijau ini mempunyai kegunaan untuk penghantar paket data.
Putih - Hijau = Warna putih hijau ini sama juga fungsinya untuk penghantar paket data.
Biru = Nah untuk warna biru ini ia mempunyai kegunaan sebagai penghantar paket suara.
Putih - Biru = Fungsinya juga sama yakni sebagai penghantar paket suara.
Cokelat = Kalau warna cokelat ini berfungsi sebagai penghantar tegangan DC.
Putih - Cokelat = Fungsinya sama juga untuk penghantar tegangan DC.


Fungsi Kabel UTP

Kabel ini sering dipakai dalam jaringan LAN pada komputer untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain atau dari komputer ke switch hub.

Jenis Kabel UTP

Untuk jenis kabel UTP ini terdiri dari 2 jenis ialah Straight-through, Cross-over.

1. Kabel Straight-through


Untuk type kabel straight through ujung 1 dengan ujung 2 itu sama warnanya.Seperti gambar diatas, warnanya sama persis tidak ada bedanya. Kabel  straight through ini mempunyai kegunaan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda.Misalkan, Dari Router ke Switch Hub dan komputer ke Switch Hub.

2. Kabel Cross-Over 


Nah, kalau kabel  straight through semua ujungnya warnanya sama berbeda dengan jenis kabel Cross-over ini alasannya ada sedikit perbedaan pada penempatan warnnya. Kabel Cross-over ini berfungsi untuk menghubungkan 2 komputer yang sama, misalkan komputer 1 dengan komputer 2, router ke router, switch hub ke switch hub.


Kelebihan Kabel UTP

Kabel UTP ini juga mempunyai kelebihan yang sanggup kita ketahui, antara lain :
  • Harganya relatif murah dan alat-alat yang dipakai sangat gampang didapatkan.
  • Memiliki ukurang kecil.
  • Tidak sulit proses instalasinya, sesuai dengan urutan 

Kekurangan Kabel UTP

Selain kelebihan yang terdapat pada kabel UTP, juga ada kekurangan dari kabel tersebut,antara lain :

  • Sangat sensitif terhadap interferensi gelombang elektromagnet
  • jaraknya hanya sanggup mencapai 100M

Pengertian Kabel STP


Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan sebuah kabel yang mempunyai pelindung pada setiap lilitan dimana 4 buah kawat tembaga dan 2 tembaga yang terbungkus pelindung didalam tembaga tersebut. Terdapat bungkusan warna putih pada bab luarnya. Pelindung ini mempunyai kegunaan untuk menahan interferensi gelombang elektromagnetik.


Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Jenis kabel ini memang mempunyai fungsi yang sama pada satu tujuan dimana sama-sama mempunyai kegunaan untuk transmisi data dalam menciptakan jaringan komputer supaya komputer satu dengan komputer yang lain nya akan tetap terhubung.Meskipun tujuan nya sama tetapi ada perbedaan dari segi fisik disetiap kabel ini.Berikut ini perbedaan antara Kabel UTP dan Kabel STP :

Kabel UTP tidak mempunyai pelindung dari setiap lilitannya.


  • Dalam melaksanakan instalasi kabel UTP lebih gampang dibanding jenis kabel STP, pasalnya kabel UTP mempunyai ukuran lebih kecil sehingga lebih gampang untuk dipasang.
  • Walaupun panjang atau ukuran kabelnya sama, kabel UTP lebih murah harganya dibandingkan kabel STP.
  • Untuk jenis kabel UTP sangat cocok sekali dipakai didalam ruangan yang tertutup, sedangkan kabel STP lebih elok dipasang pada area terbuka.
  • Jenis kabel UTP mempunyai diameter yang lebih kecil dari jenis kabel STP.
  • Kabel UTP tidak mempunyai pelindung dari setiap lilitannya, tidak menyerupai kabel STP yang mempunyai pelindung.

Demikian artikel ini yang sanggup kami berikan wacana Pengertian Kabel UTP dan STP Beserta Perbedaannya biar artikel ini bermanfaat bagi anda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel