Pengertian Email, Fungsi Email Dan Jenis Email Serta Cara Kerja Email

Yuk simak artikel kali ini saya akan menawarkan klarifikasi ihwal apa itu Pengertian Email, Fungsi Email dan Jenis Email serta Cara Kerja Email ? Mungkin sudah banyak orang yang memakai email baik yang gratisan maupun berbayar. Untuk email yang gratis dikala ini sudah banyak, namun yang paling terkenal dikala ini yang memakai gmail dan yahoo. Terutama gmail dari google yang paling banyak di gunakan. 




Pengertian Email ( Surat Elektronik)

Apa itu email ? Email atau surat Elektronik ialah sarana info untuk mengirim dan mendapatkan surat dengan bentuk digital yang melalui jalur jaringan internet. Pesan digital atau surat elektronik sanggup dibentuk dan dikirim ke alamat web lainya dengan memakai komputer atau gedget menyerupai smartphone yang terhubung ke jaringan internet.


Pada kurun gres ini sangatlah berbeda dengan kurun 90an, alasannya di kurun kini sudah banyak perkembangan teknologi yang pesat, bila jaman dulu kita mengirim surat masih memakai kertas maupun selembar daun untuk teman, pacar, atau sahabat. Saat ini sudah tidak perlu lagi   menggunakan semua itu, alasannya dikala ini semua serba elektronik dan online. Jika dulu mengirim surat sanggup menunggu berhari-hari berbeda dengan kini hanya menunggu beberapa detik saja surat sudah sampai.


Saat ini untuk mengirim pesan via Email merupakan cara paling efektif dan cepat yang paling banyak digunakan.


Cara Kerja Email


Untuk cara kerja email sebenernya sudah saya singgung diatas bahwa cukup sederhana cara kerja email. Karena menulis email sama menyerupai kita menuli surat. Bedanya kita menulis email sanggup menyisipkan file-file tertentu. Berikut ini ialah proses cara kerja email sebagai berikut :





Keterangan :

Proses pengiriman dan penerimaan email berbeda dengan menulis surat pada buku atau kertas yang sanggup kita kirimkan melalui kantor pos. Pengiriman dan penerimaan E-mail melibatkan 2 protokol yakni SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol version 3). Protokol SMTP bertugas untuk proses pengiriman E-mail sedangkan protokol POP3 bertugas untuk proses penerimaan E-mail. Ketika email sudah di kirim dari client maka email akan masuk ke filter Email Server A melalui smtp port 25/465  Selanjutnya E-mail tersebut akan diserahkan ke POP3 server memakai port 110 (port POP3) yang terdapat pada domain tersebut.

Fungsi dan Manfaat Email

Melihat dari klarifikasi email dan cara kerjanya bahwa email juga mempunyai fungsi dan manfaat yang komplek secara umum. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat email selengkapnya :

1. Mengirim dan Menerima Email

Fungsi atau kegunaan memakai email yang paling umum dan di gunakan ialah mengirim dan mendapatkan email dari orang lain. Pesan tersebut sanggup dikrim ke tujuan dalam waktu yang cepat dan singkat, bahkan dalam hitungan menit email sudah di terima ke penerima. Namun, semua itu terjadi apabila koneksi yang dipakai dan server email dalam kondisi normal. Akan tetapi jika dari server dan koneksi bermasalah maka perlu di lakukan pengecekan yang mendalam pada server emailnya.



2. Mengirim dan Menerima File
Selain sanggup mengirim pesan dalam bentuk teks maka email juga sanggup mengirimkan aneka macam jenis media file dalam bentuk foto, video, musik dll. Biasanya file di tambahkan di dalam attachment pada email.
3. Email Untuk Mendaftar ke Situs Sosial Media
Saat ini semua sosial media niscaya membutuhkan yang namanya email, alasannya dengan email ini kita sanggup menciptakan akun sosial media, menyerupai facebook, twitter, instagram dll.
Biasanya fitur aplikasi sosial media tersebut akan meminta verifikasi dari akun email yang di daftarkan dan juga akan mengirimkan notifikasi melalui email yang di daftarkan.


4. Mengaktifkan Smartphone
Smartphone maupun ponsel khususnya yang sistem operasinya sudah memakai Android, terang untuk aktifasinya memakai email. Karena nanti akan terkoneksi ke google dan email yang biasanya di gunakan yaitu gmail. Setelah berhasil login ke akun gmail maka pribadi akan di sinkronisasi dalam aplikasi yang terdapat dalam smartphone.




Demikian klarifikasi singkat mengenai pengertian email, fungsi dan manfaat email, cara kerja email, dan jenis-jenis email pada umumnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel