Apa Saja Jenis-Jenis Dan Fungsi Server ?

Server yakni sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Server didukung dengan komputer yang spesifikasinya tidak mengecewakan besar, juga sistem operasinya yang khusus. Server sanggup menjalankan aplikasi dan mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat didalamnya. jadi sahabat novtani blog perlu ketahui apasaja macam sistem operasi yang dipakai server antara lain adalah
  1.  CentOS
  2.  Mac OS X server
  3. Windows Server Family
  4.  CloudLinux
  5.  Ubuntu Server
  6.  RedHat
  7. Sun Solaris
  8.  Amiga
  9.  Debian
Beberapa Kategori Jenis Fungsi server antara lain yakni sebagai berikut :

1. Server Application ( Aplikasi Server )
Server aplikasi yakni server yang dipakai untuk menyimpan berbagai  macam aplikasi yang sanggup diakses oleh client.

2. Data Server ( Server Data )
Server datasendiri dipakai untuk menyimpan data baik yang dipakai client Secara pribadi maupun data yang diproses oleh server aplikasi.

3. Server Proxy ( Proxy Server )
Server proxy berfungsi untuk mengatur kemudian lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.Kegunaan Server memang sangat banyak bukan hanya untuk proxy saja yang sering kita kenal. Server yaitu gunanya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar menyimpan data.

Macam – Macam Server
1. File Server
File Server yakni Komputer yang besar untuk PC Greater kecepatan, penyimpanan dan pengolahan. Contoh File Sharing yang sering kita kanal menyerupai mediafire.com, rapidshare dsb.

2. Database Server
Database Server yakni komputer yang menyediakan layanan jadwal aplikasi  pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS (Data Base Manajemen Sistem ). Biasanya Database server menggunakan

3. Printer Server
Server ini dipakai sebagai sentra layanan percetakan pagi client. Printer server biasanya dipakai oleh banyak client dalam satu jaringan komputer. dengan ini sanggup menghemat biaya pembelian hardware printer alasannya hanya cukup 1 printer saja.

4. DNS Server
DNS server atau Domain Name Server mempunyai kegunaan untuk menterjemahkan alamat domain menjadi IP ( internet Protocol ).

5. Game Server
Game server yakni server yang dipakai untuk game saja, dan game server ini dipakai oleh banyak pemain dalam sebuah game server. Client sanggup bermain dari lokasi mana saja.

6. Telnet Server
Telnet Server yakni server yang melayani service telnet. Telnet Server mempunyai kegunaan untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui server telnet hanya dengan login kemudian telnet server akan mengarahkan tujuan yang diminta oleh client.

7. Proxy Server
Proxy Server yakni server yang dipakai untuk memperkuat keamanan jaringan. Proxy server dipakai untuk memfilter undangan service keluar maupun masuk dari client. Proxy Server juga sanggup memblock IP Address sehingga tidak sanggup di kanal oleh para client.

8. Mail Server
Mail Server yakni server yang melayani surat menyurat atau service email. client sanggup mengorganisasikan email yang masuk dan client sanggup saling mengirim dan mendapatkan email secara berbarengan didalam suatu jaringan komputer.

9. Fax Server
Fax Server yakni server yang melayani layanan fax sebuah perusahaan atau instansi. Dengan adanya fax server juga mempunyai kegunaan untuk segala undangan faxhingga mendapatkan fax.

10. Application Server
Application Server yakni server yang dipakai untuk menjalankan sebuah  aplikasi sehingga semua client sanggup mengakses aplikasi bersamaan.

11. Streaming Media Server
Streaming Media Server yakni server yang dipakai untuk menjalankan banyak sekali multimedia menyerupai video, musik, dan sebagainya. dan Client tidak harus mendownloadnya dahulu untuk memutarnya alasannya ini sanggup secara pribadi di putar.

12. Home Server
Home Server yakni server yang dipakai untuk layanan home intertainment menyerupai musik, film, video khusus untuk layanan rumah. Home server sanggup juga ditambahkan banyak sekali service menyerupai web service, file service sampai backup data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel