Cara Mengatasi Website Yang Terkena Malware

Saat anda mengakses kesalah satu situs website dan melihat website yang kita saluran berubah warna menjadi merah dan ada pesan error.seperti gambar dibawah ini :

Nah, situs diatas merupakan situs website yang terkena malware. Kenapa sanggup sepert itu ? lantaran website tersebut telah diblock oleh google atau Search Engine dan Browser.

Pada ketika hal ini terjadi, maka Google sebagai Search Engine terbesar akan coba mengirimkan notifikasi kepada email Administrator  website tersebut. Alamat email yang dituju biasanya:


abuse@namadomain.com

admin@namadomain.com
administrator@namadomain.com
contact@namadomain.com
info@namadomain.com

Apabila direktur tidak punya email menyerupai diatas maka, yang harus kita lakukan menciptakan email dengan nama domain dan memakai salah satu nama akun tersebut.


Bagaimana website itu sanggup terdeteksi terkena malware?


Penyebab website sanggup terdeteksi Malware lantaran disebabkan direktur atau adamin itu sendiri. Biasanya melaksanakan uplode file ke dalam hosting memakai komputer yang sudah terkena virus. Sehingga file yang di uplode terkena virus. Dan pada ketika Google akan mengindex website anda tersebut kemudian menemukan file/script /malware yang terdapat di website anda, maka google pribadi akan mengblock atau menawarkan tampilan website anda warna merah.



Selain dilakukan dari admin, malaware juga sanggup masukkan  ke website oleh orang lain atau di hack orang tanpa sepengetahuan kita. Itu biasanya security website kita kurang berpengaruh atau tidak memakai ssl sehingga hacker sangat gampang membobol situs kita.

Cara Mencegah Website yang Terkena Malware 



Hal yang perlu kita lakukan yaitu kita harus masuk ke folder atau direktori website pada cpanel kemudian kita cari file yang kita curigai atau file-file yang abnormal dan tidak kita kenal. Sebagai contoh: klhdf9yehpad.php / jdsutfqg.html. Sebelum kita melaksanakan penghapus lebih baik kita backup terlebih dahulu. Selain itu sanggup di cek melalui file .index.php pada website kita dan tema yang kita gunakan apabila memakai wordpress atau CMS lainnya.


Jika anda tidak menemukan file-file yang mencurigakan, maka langkah terakhir anda sanggup minta tolong pada layanan hosting anda supaya website ada sanggup discan supaya terdeteksi file yang terindikasi malware.


Review pada Google



Setelah kita hapus semua data malware kita yang terdapat pada file-file website kita, langkah selanjutnya kita menguplode ulang data website yang higienis dari virus. Kemudian Selanjutnya untuk menghilangkan blacklist Google kita harus meminta Google untuk mereview website kita. Caranya melalui layanan Google Webmaster Tool.



Berikut ini cara Review pada Google :

yang harus anda lakukan anda punya akun google atau gmail.com

Kemudian anda saluran http://google.com/webmasters/tools 

Daftarkan website di google webmaster tools kemudian lakukan verifikasi/verify. Untuk cara verifikasi sanggup dengan cara upload file (nama file biasanya googlefc91be7d5e697d70.html) yang disediakan google kemdian upload ke direktori website anda.


Setelah itu di dashboard Google Webmaster Tool akan terlihat url website anda. Jika website masih dalam keadaan terdeteksi malware, maka akan terlihat icon “tanda seru merah” yang mengambarkan ada yang tidak beres dengan website tersebut. 


Selanjutnya klik saja alamat websitenya kemudian klik “Request review” kemudian masukan keterangan bahwa website tersebut sudah bebas dari malware dan meminta pihak google untuk mereviewnya.


Setelah anda sudah riview maka harus menunggu estimasi 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel