Kurangnya Konsumsi Air Menghipnotis Fokus Dan Kinerja Otak Dalam Berpikir?

Sering berguru tapi selalu lupa dan kurang fokus dan konsentrasi? terkadang bukan daya ingat, kecerdasan seseorang atau metode pembelajaran yang salah bisa jadi anda kurang cairan tubuh.
Sering kali sebagai pelajar atau mahasiswa lantaran terlalu menikmati dikala berguru atau mengerjakan kiprah sering kali terlalu fokus tapi lupa dan tidak menyadari kalau sedang kekurangan cairan. 60% tubuh anda terdiri dari cairan berarti sekitar 2/3 potongan dari berat tubuh tubuh. 80% darah terdiri dari air, 50% tulang terdiri dari air, jadi tanpa air yang cukup maka proses biokimia di dalam tubuh akan terganggu. Tahukah anda tanpa minum yang cukup akan mensugesti konsentrasi otak hingga koma?

Sering berguru tapi selalu lupa dan kurang fokus dan konsentrasi Kurangnya Konsumsi Air Mempengaruhi Fokus dan Kinerja Otak dalam Berpikir?
Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Untuk Otak

1.Mengganggu Proses Berpikir hingga Kecerdasan
Pakar Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK menyampaikan "Karena memang konsentrasi terganggu kalau kekurangan cairan (dehidrasi)  daya ingat visual juga sekilas menurun".

Dikutip dari Laman doktersehat.com, Penelitian di Amerika Serikat menawarkan bahwa bawah umur yang jarang mengkonsumsi air putih dan sering terkena kehilangan cairan tubuh akan kuat besar pada kecerdasan juga kemampuan peresapan ilmu.

Air membantu untuk memperlancar sistem elektris biar otak dan sistem syaraf sanggup berfungsi normal dan sistem syaraf di otak akan mengirimkan sinyal elektris. Disebabkan darah kaya akan oksigen dan oksigen terdapat dalam cairan (air).

2.Kurangnya Konsentrasi hingga Mempengaruhi Mental 
Dikutip dari Science Alert, Institut Teknologi Georgia Mindy Millard-Stafford menyampaikan “saat seseorang mengalami kehilangan cairan tubuh ringan maka kiprah yang membutuhkan banyak perhatian akan terganggu”.

Saat kita kehilangan 2% massa tubuh lantaran kehilangan cairan tubuh setara 1 liter melalui urine atau keringat berakibat merusak kinerja mental (fokus, fungsi administrator (EF) hingga koordinasi motorik yang tidak selaras).

Menurut buku Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi kurangnya 1% air mengakibkan mengganggu kerja otak dan kemampuan berpikir. Jika 2% penurunan konsentrasi dan daya ingat sesaat.

3.Hilangnya kesadaran hingga Koma
Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh yang hilang lebih dari yang diminum.
Ketika dehidrasi, maka organ, sel, dan jaringan gagal berfungsi dengan normal. Tekanan darah pun akan menurun dan tidak stabil. Sehingga tubuh pun hanya menghasilkan lebih sedikit darah dan oksigen untuk disalurkan ke otak.

Akibatnya, secara tiba-tiba Anda bisa kehilangan kesadaran (pingsan) kalau kadar oksigen dalam otak terus berkurang bukan tidak mungkin berpotensi mengarah ke risiko koma.

Air akan mencegah tubuh terdehidrasi, setiap sel dan organ tubuh membutuhkan air biar bisa berfungsi secara normal.


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel