Semua Perihal Lutein & Zeaxanthin Lengkap

Apa itu Lutein dan Zeaxanthin?

Lutein diambil dari bahasa Latin luteus yang berarti "kuning" yaitu xantofil dan salah satu dari 600 karoten yang dikenal secara alami.

Zeaxanthin berasal dari Zea mays (jagung berwarna kuning, zeaxanthin memperlihatkan pigmen kuning primer), ditambah xanthos, kata Yunani untuk "kuning".

Sebagai zat komplemen masakan , zeaxanthin yaitu pewarna masakan dengan nomor EE161h.

diambil dari bahasa Latin luteus yang berarti  Semua Tentang Lutein & Zeaxanthin Lengkap


Adakah persamaan keduanya (Lutein dan Zeaxanthin)?

  1. Lutein dan zeaxanthin yaitu dua jenis karotenoid (berpigmen kuning hingga merah).
  2. Berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari yang berlebih dan mencegah kerusakan tanaman.
  3. Lutein dan Zeaxanthin biasanya sanggup dijumpai pada aneka macam macam sayuran berwarna kuning oranye hingga hijau tua.
  4. Pada bab badan terdapat  pada organ penglihatan bab makula, lensa, dan retina. 


Apa saja fungsi Lutein dan Zeaxanthin pada mata?

Jika anda familier dengan istilah Vitamin A dan Beta Karoten (β-Karoten). Dua zat ini terdengar asing, padahal baik lutein dan zeaxanthin bermanfaat untuk kesehatan mata. Kedua zat ini Zat-zat ini membantu mengurangi kerusakan oksidatif oleh radiasi UV yang sanggup menyebabkan degenerasi makula.

Penelitian pada Investigative Ophthalmology and Visual Science menerangkan bahwa semakin besar kadar pigmen dalam makula, semakin kecil pula kesempatan degenerasi makula.
Artinya semakin banyak jumlah lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam makula mata, maka mata semakin sehat.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, Ophthalmology, and Archives of Ophthalmology memperlihatkan kadar asupan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dalam diet berkaitan dengan menurunnya risiko degenerasi makula.

Telah terbukti bahwa lutein dan zeaxanthin sanggup mencegah degenerasi makula sekaligus juga memperlambat perkembangan penyakit pada mata.

Penelitian yang dilakukan Archives of Ophthalmology memperlihatkan bahwa perempuan yang mengonsumsi masakan dengan kandungan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid dalam jumlah tinggi dalam diet mereka mempunyai risiko katarak yang lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang mengonsumsi masakan tersebut dalam jumlah lebih rendah.

Lutein dan zeaxanthin berperan dalam melawan radikal bebas yang berkaitan dengan stres oksidatif dan kerusakan retina, sehingga sanggup membantu dalam mencegah katarak.

Namun, penelitian Age-Related Eye Disease Study (AREDS2) tahun 2013 yang didukung oleh National Eye Institute sedikit menyatakan pendapat yang kontradiktif.

Penelitian ini mendukung bahwa lutein dan zeaxanthin berperan dalam mencegah degenerasi makula dan juga mengurangi risiko perkembangan penyakit mata. Tetap tidak menyampaikan secara niscaya apakah lutein dan zeaxanthin efektif mencegah katarak.

Bagaimana Lutein dan Zeaxanthin bekerja supaya menciptakan mata lebih sehat?

Lutein dan zeaxanthin melindungi indra penglihatan dari gelombang cahaya energi tinggi yang  sanggup membahayakan kesehatan mata, misalnya sinar ultraviolet B (UV B) dari sinar matahari.
Dengan cara menyaring gelombang cahaya energi tinggi yang diterima mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga bertindak sebagai antioksidan yang sanggup menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel pada mata.

Dari mana Lutein dan Zeaxanthin berasal ?

Lutein dan zeaxanthin sanggup Anda temukan dalam banyak sayuran hijau dan kuning serta buah-buahan berwarna merah, biru, dan ungu. Contohnya: Bayam, Brokoli, Jagung, Wortel, Tomat, Kentang, Jeruk.

Lutein dan zeaxanthin juga terkandung dalam kuning telur. Disarankan mendapat sumber Lutein dan zeaxanthin berasal dari sayuran dan buah-buahan. Lebih baik lagi jikalau dikombinasikan  dengan zat gizi lain, menyerupai vitamin C dan vitamin E.

The American Optometric Association menjelaskan, diharapkan Lutein 10 mg per hari dan zeaxanthin 2 mg per hari.

1 cangkir bayam mengandung 20,4 mg lutein dan zeaxanthin. Pada 1 cup brokoli terkandung 1,6 mg lutein dan zeaxanthin.

Apakah ada dampak Kekurangan dan Kelebihan Zeaxanthin dan Lutein ?

Zeaxanthin dengan lutein merupakan kombinasi dua komponen utama yang berperan aktif menjaga kesehatan mata. Cenderung pada usia lanjut asupan zeaxanthin biasanya akan memperlihatkan dampak yang begitu terasa dibanding saat masih berusia muda. Namun, kondisi hal tersebut dikarenakan semakin renta usia seseorang biasanya kadar zeaxanthin dan lutein yang terdapat pada lensa mata semakin menurun. Dampak yang terjadi adalah:

  • penglihatan tidak fokus (rabun)
  • lensa mata berwarna keruh hingga terkena penyakit katarak
  • mata gampang lelah, merah dan perih

Namun, ternyata asupan zeaxanthin dan lutein yang berlebih berdampak negatif, menyerupai :

  • Jangan dikonsumsi berlebihan, kulit anda sanggup sedikit bermetamorfosis kekuningan (overdosis vitamin A).
  • gangguan pada hati (karena zeaxanthin tergolong sebagai provitamin A yang akan disimpan di dalam hati)
  • gangguan jantung

Referensi :
wikipedia
Bukan Hanya Vitamin A, Ini yang Dibutuhkan untuk Mata Lebih Sehat
https://hellosehat.com
Zeaxanthin : Pengertian - Manfaat - Efek Kekurangan dan Kelebihan - Makanan
https://halosehat.com


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel