Cara Mencegah Dan Mengatasi Nyeri/Sakit Punggung

Nyeri punggung ialah sakit tak tertahankan di pecahan punggung, baik pecahan atas, tengah, maupun bawah. Nyeri punggung sanggup disebabkan lantaran banyak hal, di antaranya lantaran terjatuh dan mengangkat beban terlalu berat. Benturan dan kerja yang terlalu berat sanggup mengakibatkan tulang maupun otot mengalami cedera. Jika kita sering mengalami nyeri punggung, dikhawatirkan hal tersebut memperburuk kesehatan tulang dan otot. Nyeri punggung sanggup disembuhkan melalui perawatan sendiri di rumah, atau kalau sudah parah maka tindakan pembedahan mungkin diperlukan.

Gejala Nyeri Punggung

1. Otot sakit
2. Rasa nyeri yang menusuk
3. Nyeri yang menjalar ke pecahan kaki
4. Rasa nyeri saat berjalan, berdiri dari tidur, mengangkat sesuatu, membungkuk
5. Nyeri yang hilang saat berbaring

Penyebab Nyeri Punggung

1. Otot Tegang
Mengangkat beban yang terlalu berat secara berulang-ulang dan tanpa persiapan sanggup menegangkan otot tulang belakang. Jika hal ini terus berlangsung, maka sanggup mengakibatkan kejang pada otot.

2. Bantalan Tulang Bengkak atau Rusak
Bantalan tulang belakang merupakan jenis yang lunak, maka kalau hingga infeksi atau pecah sanggup menekan saraf yang mengakibatkan rasa nyeri. Tindakan rontgen diharapkan untuk memastikan kondisi ini.

3. Radang Sendi
Radang sendi sanggup mengakibatkan nyeri pada punggung. Radang sendi di tulang belakang sanggup mengakibatkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang, suatu kondisi yang disebut stenosis tulang belakang.

4. Osteoporosis
Tulang belakang yang mengalami pengeroposan kesudahannya menjadi ringkih sanggup mengakibatkan sakit nyeri punggung.

5. Usia
Sebenarnya nyeri punggung sanggup dialami oleh siapa saja, baik bawah umur maupun orang dewasa. Namun, rentang usia 30 dan 40 tahun mempunyai risiko yang lebih besar mengalami nyeri punggung.

6. Kurang Olahraga
Semakin jarang kita berolahraga, maka otot-otot yang ada di punggung dan perut menjadi jarang dilemaskan. Akibatnya otot menjadi kaku.

7. Kelebihan Berat Badan
Beban ekstra tubuh kita sanggup menekan punggung.

8. Merorok
Kebiasaan merokok sanggup menghambat sirkulasi darah yang mengalir ke kawasan punggung

9. Penyakit
Beberapa jenis penyakit menyerupai radang dan kanker sanggup memicu terjadinya nyeri punggung.

Cara Mencegah dan Mengatasi Nyeri Punggung

1. Olahraga
Aktivitas olahraga sanggup meningkatkan kekuatan dan daya tahan di punggung Anda serta memungkinkan otot menjadi elastis dan berfungsi lebih baik. Berjalan dan berenang ialah pilihan yang bagus. 

2. Melatih Kekuatan Otot
Melatih otot perut dan punggung membantu mengondisikan otot-otot ini sehingga  bekerja sama menyerupai korset alami untuk punggung.

3. Pertahankan Berat Badan Ideal
Mengurangi berat tubuh dapatmencegah sakit punggung, lantaran beban punggung kita tidak terlalu berat.

4. Berhenti merokok

5. Hindari Gerakan Berlebihan
Gerakan tubuh yang memuntir atau meregangkan punggung sanggup mengakibatkan nyeri. Gerakkan tubuh dengan benar

6. Berdiri Secara Benar 
Pertahankan posisi panggul yang netral. Jika harus berdiri untuk waktu yang lama, maka janganlah terlalu sering membungkukkan badan

7. Gunakan Obat Pereda Nyeri dan Konsultasi Dokter
Konsumsilah obat pereda nyeri yang tersedia di apotek, seperti; obat anti depresan, opioid, relaksan otot, steroid, neuroleptik, jenis topikal (seperti paracetamol, koyo, spray, dll). Sangat disarankan sebelum memakai obat-obatan tersebut untuk berkonsultasi dengan dokter, biar tidak ada pengaruh samping yang justru membahayakan kesehatan kita.

Salam sehat!




Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel