Prinsip-Prinsip Administrasi Modern


Sebelum melangkah lebih jauh pada pembahasan Manajemen Perawatan Kapal, perlu kita ketahui bahwa dalam Manajemen Modern ada Prinsip-prinsip yang harus dipenuhi untuk menuju sukses, yaitu :


  • Mereka yang mempunyai kemampuan untuk bekerjasama, walaupun hanya disertai dengan sedikit effesiensi, guna memenuhi kebutuhan organisasi.
  • Mereka yang menggunakan sepenuhnya kemampuan berpikir dari orang-orang yang ada didalam organisasi, yang merupakan proses terus-menerus yang dipakai dan diperkuat.
  • Mereka yang bisa menggunakan pendekatan-pendekatan membentuk Team-kerja, untuk tolong-menolong menuntaskan setiap duduk kasus yang dihadapinya.


Tujuan dari sistim administrasi Modern adalah untuk menyiapkan perangkat administrasi yang lebih baik, lebih profesional dan meningkatkan keselamatan, baik awak kapal maupun peralatan.

Pelaksanaan yang gampang adalah pertimbangan utama dari sistem ini, sehingga awak kapal secara cepat mempunyai dogma diri dalam menerapkan sistem ini, ibarat alat-alat yang ada di papan perawatan. Pengalaman mengatakan bahwa untuk menjalankan mekanisme yang effısien, ialah penting untuk memliki pengaturan yang flexible, dengan memperhitungakn perubahan-perubahan kondisi dari komponen-komponen terhadap waktu, ibarat halnya imbas kondisi lingkungan umur operasionalnya.


SEKILAS TENTANG KAPAL


Kapal ialah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di bahari (sungai dan danau). Bila kita melihat kapal-kapal yang datang di pelabuhan, maka yang perlu diperhatikan ialah ukuran besarnya. Besamya kapal dinyatakan dalam Ton register (register ton), untuk ukuran besamya kapal kapal dikenal istilah Gross register ton (GRT) dan Net register ton (NRT).

Gross register ton (GRT) ialah jumlah dari semua ruangan kapal yang tertutup atau yang sanggup ditutup secara kedap air, baik yang berada di bawah geladak maupun yang berada di atasnya (deck line). Oleh alasannya ialah 1 register ton = 100 cft (cubic feet) dan 100 cft = 2,83 M3, maka besarnya GRT ialah total ruangan dalam Cubic feet dibagi 100.

Net register ton (NRT) ialah ruangan yang tersedia untuk barang dan penumpang, atau juga daya angkut kapal yang dinyatakan dalam volume, NRT merupakan GRT dikurangi dengan:

1. Ruang untuk Bunker dan Air
2. Ruang kemudi
3. Ruang mesin dan terowongan poros kemudi (shaft tunnel)
4. Ruang nakhoda dan anak buah kapal (ABK)
5. Ruang jangkar
6. Ruang air ballast
7. Ruang perbekalan, dan ruang embel-embel Iainnya.

Salah satu ukuran untuk besaran kapal ialah panjang kapal yang kuat dalamhal penyediaan tempat untuk sandar di dermaga. Panjang kapal secara kseluruhan yang diukur dari bab paling ujung dari linggi-linggi hingga bab paling belakang dari buritan dinyatakan dalam Length over all (LOA).

Sedangkan panjang antara garis tegak haluan dan buritan pada garis maksimum sarat isu terkini panas (summer draft) dinyatakan dalam Length between perpendiculars (LBP).

Summer draft ialah sarat kapal pada isu terkini panas berdasarkan peraturan lambung timbul (free board).
Untuk ukuran berat kapal dikenal istilah displacement, yaitu jumlah berat air yang dipindahkan oleh kapal , atau berat Under water volume dari kapal yang sama beratnya dengan kapal. Displacement dinyatakan dalam Long ton (1 Long ton = 35 cft berat air laut).

Displacement dibagi menjadi dua, yakni loaded dan light displacement, 

  • Loaded displacement ialah berat kapai beserta muatannya pada sarat kapal (draft) maksimum yang diperkenankan oleh peraturan.
  • Light displacement ialah berat kapal dalam keadaan kosong.

Muatan kapai berkaitan erat dengan daya angkut kapai, dalam hal daya angkut kapal dikenal dengan istilah bobot mati dalam ton (Dead weight ton) dan kapasitas muatan (cargo capacity).

Dead weight ton (DWT) ialah daya angkut kapai, termasuk didalamnya muatan/penumpang, materi bakar, air, perbekalan, dan suku-cadang pada sarat maksimum yang dinyatakan dalam Long ton (2.240 lbs) atau sama dengan perbedaan antara Loaded dan Light displacement.

Cargo capacity ialah daya angkut kapal membawa muatan (DWT) dikurangi bunker, fresh water, spareparts, dan perbekalan. Cargo capacity juga dinamakan bobot mati muatan (cargo dead weight).

Barang yang akan dimuat dalam kapal, jikalau dinyatakan dalam berat, menggunakan ukuran ton.

1 ton metric = 1.000 kg
1 ton Inggris = 1.016,05 kg
1 ton Amerika = 0.90718 metrik
1 long ton Inggris = 1 long ton = 1,12 short ton = 1,016 metric ton
1 short ton Amerika = 0,893 long ton = 1 short ton = 0,907 metric ton 1 metricton = 0,984 long ton = 1,102 short ton = 1 m.ton.

Untuk keamanan kapal dan untuk mengetahui berat dari isi serta muatannya, disebelah kiri dan kanan Iambung kapal terdapat batas daya muat kapal dan garis batas summer draft di bahari yang dinamakan markah garis muat (Plimsol mark). Disekitar plimsol mark terdapat markah garis muat (Load line marks) yang mengatakan batas tertentu yang sanggup dimuat oleh kapai pada suatu kawasan pelayaran.

Diluar bulatan plimsol mark terdapat huruf-huruf yang merupakan kependekan yang berda dibawah pengawasan Biro penjabaran tempat kapal dibentuk dan Iambung timbul (Free board).

Freeboard ialah jarak antara permukaan air dengan geladak, dan Load line ialah Batas maksimum kapal yang yang di-ijinkan dimuati dengan muatan (Cargo).


Sumber https://www.infomanfaat.club/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel