Beginilah Cara Memperbaiki Harddisk Yang Tidak Terbaca Dengan Mudah

Kerusakan pada sebuah alat elektronik memang sangat rentan terjadi mengingat jika alat-alat ibarat itu memang cukup memerlukan perawatan dan juga penjagaan yang harus waspada, terutama harddisk. Hardisk merupakan komponen yang mempunyai fungsi menyimpan, sehingga jika kau mempunyai penyimpanan ibarat hardisk maka kami sarankan untuk sangat berhati-hati alasannya yaitu alat ibarat itu sangatlan gampang sekali rusak dan juga mengalami troubleshoot.

Nah biasanya troubleshoot yang paling sering terjadi yaitu tidak terbacanya hardisk saat hendak digunakan. Ini pernah rekan kami alami saat hendak transfer dari laptop ke laptop yang lain tiba-tiba saat hendak dimasukkan justru hardisk tidak muncul dan bahkan tidak ada notifikasi bahwa hardis telah terdeteksi pada laptop.

Baca juga: Cara menghapus malware pada browser.

Biasanya hardisk yang tidak terdeteksi itu disebabkan lantaran hardisk telah bad sector. Untuk memperbaiki hardisk yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi oleh laptop, lebih baik kau kita ketahui dahulu ciri-ciri kenapa hardisk yang terkena bad sector:
  • Bad sector fisik, ini terjadi lantaran fisik hardisk mengalami kerusakan atau dapat juga adanya debu yang melekat pada hardisk.
  • Soft bad sector, kerusakan hardisk yang ini lantaran adanya rusak pada arahan yang ada pada hardisk, ini disebabkan lantaran kau menyimpan sebuah sistem yang didalamnya memilliki virus yang menjadikan soft bad sector pada hardisk.
Wajib kau ketahui dahulu apakah memang hardisk kau terkena bad sector atau hanya rusak biasa?

Apabila sudah kau cek dan memang tidak ada yang rusak atau bad sector maka kau dapat melaksanakan hal berikut ini untuk mengatasi hardisk yang memang tidak terbaca oleh laptop. Ada beberapa cara yang dapat kau coba praktekan biar hardisk kau dapat terbaca di laptop:
  • Menggunakan Check Disk
Untuk rekomendasi alangkah lebih baik apabila kau menghubungkan hardisk ke komputer atau laptop yang berdasarkan kau dalam keadaan baik dan sehat. Berikut caranya:

- Biasanya akan muncul notifikasi atau kotak obrolan yang isinya drive minta atau perlu diformat. Jika muncul notifikasi ibarat itu, klik NO jangan klik YES.
- Klik Start kemudian pilih My Computer.
- Setelah itu, akan muncul harddisk yang sudah kau colok tadi
- Kemudian klik kanan dan klik Properties.
- Nanti akan muncul halaman yang menampilkan properti hardisk, Lalu klik tab Tools.
- Setelah itu pilih Check Now yang berada di bawah Error Checking untuk dilakukan investigasi eror pada harddisk.
- Kemudian Centang pada windows pop-up yang berisi pertanyaan apakah kau ingin Windows membetulkan error yang ditemukan.
- kemudian centang juga pada kotak yang isinya Scan for and attempt recovery of bad sectors.
- Kemudian klik Start.
- maka kegiatan akan berjalan untuk scan apakah benar telah terjadi bad sector pada hardisk kamu.
  • Lakukan update driver
Berikutnya yaitu dengan updating driver untuk hardisk, melaksanakan update driver perlu dilakukan untuk menjaga diver pada USB selalu update akan driver hardisk yang terbaru.

- Pertama masuk ke "Device Manager".
- Cara Klik "Start" kemudian sorot kursor pada cuilan "Computer".
- Setelah itu klik kanan dan pilih "Properties".
- Setelah muncul properties, klik "Device Manager".
- Jika sudah masuk ke halaman Device manager, lihat cuilan "Disk Drive" kemudian klik hidangan tersebut.
- Pilih hardisk yang nomor dua atau berada dibawah.
- Klik kanan pada harddisk eksternal dan pilih "Uninstall".
- Ketika sudah di uninstall, cabut harddisk  kemudian tancapkan kembali ke komputer.
- Tunggulah hingga proses pembacaan driver secara default selesai
- Setelah itu klik Update Driver.

Ini bertujuan untuk dapat mendapat software diver dari hardisk yang tidak terbaca tersebut. Selain itu juge menciptakan driver menjadi lebi update dan mendapat update terbaru dari driver hardisk.

Inilah cara-cara yang dapat kau lakukan untuk dapat memperbaiki hardisk yang tidak terbaca oleh laptop. Jika ini terjadi pada kau segera lakukan perbaikan dan juga check apakah hardisk memang terkena bad sector atau tidak? Baca juga: ciri-ciri kenapa hardisk yang terkena bad sector.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel