13 Tips Dan Trik Sehat Ketika Puasa


Bulan Ramadhan menjadi bulan istimewa bagi umat Islam di dunia. Selain lantaran dilipatkannya pahala ibadah, bulan suci ini juga membawa banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu menahan hawa nafsu. Selama sebulan kita digembleng untuk menahan hawa nafsu, baik secara jasmani maupun rohani. Khusus untuk hawa nafsu jasmani, kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit matahari hingga waktu berbuka tiba. Sering dari kita tidak menemukan esensi dari puasa, yakni menahan hawa nafsu. Yang kita sanggup hanya lapar, letih, lesu dan dahaga. Hal itu ternyata disebabkan oleh contoh hidup yang salah ketika melaksanakan ibadah puasa, termasuk dalam menjaga kesehatan badan kita. Berikut ini tips dan trik sehat menjalankan ibadah puasa yang dirangkum dari detikHealth.

  1. Saat berbuka puasa di luar rumah, sajian yang menjadi pilihan memang menjadi sangat beragam. Namun jangan hingga salah menentukan lantaran justru akan mengganggu sistem pencernaan yang selama seharian sudah beristirahat. Karbohidrat lembut ibarat bubur atau ketupat baik kalau ingin dihidangkan untuk berbuka puasa.
  2. Sebaiknya selalu sempatkan untuk berdiri sahur. Karena kalau Anda malas sahur, maka salah satu kesannya menjadi lemas dan sulit fokus. Kadang kondisi tersebut dirasa hanya lantaran seharian tidak makan saja, padahal ada beberapa faktor lain termasuk kurang asupan cairan atau dehidrasi."
  3. Gangguan perut kembung biasanya muncul lantaran salah makan ketika sahur maupun berbuka, contohnya pada orang yang mempunyai sakit maag. Untuk mengatasinya, hindari terlalu banyak masakan berminyak, berlemak, dan memproduksi gas. Perbanyak minum air putih atau jus buah. Ada baiknya juga untuk menghindari makan sahur dengan memakai mi instan, lantaran sanggup berisiko muncul dampak kembung, mual, dan bahkan muntah.
  4. Berpuasa termasuk dalam salah satu detoks alami, alasannya badan dibiarkan tidak mencerna masakan selama lebih kurang 12 jam. Beberapa organ badan pun sanggup istirahat sejenak dari aktivitasnya selama setahun, yakni pankreas, usus halus, usus besar, lambung, dan hati.
  5. Saat berbuka puasa jangan kalap kalau tak ingin sakit perut. Dalam kondisi perut kosong seharian, metabolisme badan tentunya berjalan lebih lambat dari biasanya. Saat datang waktunya berbuka, seharusnya perut diberi kesempatan untuk mengikuti keadaan dengan masakan yang lebih ringan sebelum dipaksa untuk makan masakan yang berat.
  6. Air kelapa membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang sesudah 14 jam lebih berpuasa seharian, lantaran air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan ibarat dengan cairan darah manusia.
  7. Makan timun rebus sanggup membantu mengurangi bacin verbal ketika puasa. Timun sanggup mendinginkan perut dan mencegah naiknya asam lambung, sehingga tidak mengakibatkan bacin di mulut.
  8. Agar tidak ngantukan, usahakan tidak begadang ketika bulan puasa. Jika sanggup segera tidur sesudah salat tarawih. Jangan melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang sanggup mengurangi jam tidur.
  9. Makanan dan minuman anggun memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua masakan atau minuman anggun boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Yang anggun untuk berbuka puasa cukup teh anggun (kalau sanggup pakai gula jagung), kemudian kurma 3 biji. Pembuka yang anggun cukup 1 macam saja.
  10. Jika tak ingin bacin verbal ketika puasa, segera sikat gigi sesudah makan sahur lantaran sesudah 2 menit sisa masakan yang melekat di verbal dengan cepat menjadi asam. Selain itu kurangi masakan anggun atau karbohidrat tinggi lantaran akan mempercepat metabolisme verbal menjadi asam.
  11. Makanan dan minuman anggun memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua yang anggun boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang menciptakan gula diserap badan secara perlahan.
  12. Ibu menyusui sanggup puasa dengan tetap makan tiga kali, yakni ketika sahur, buka puasa dan sesudah taraweh. Hal terpenting, ibu menyusui harus banyak minum air putih semoga produksi ASI tetap terjaga.
  13. Risiko kehilangan cairan tubuh rentan mengintai pasien diabetes yang sedang berpuasa. Bila ingin tetap puasa, pasien diabetes disarankan untuk banyak minum air yang diatur frekuensinya dari sesudah buka puasa hingga menjelang sahur.
Demikian tips dan trik sehat dalam menjalani ibadah puasa. Semoga dengan berpuasa kita sanggup memperoleh manfaat baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Semangat!


Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel